Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Tips Memilih Map Ijazah Berkualitas

Dapatkan map ijazah berkualitas dengan harga terbaik di Rejeki Cetak.




Dalam dunia pendidikan, map ijazah memiliki peranan yang penting. Mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA, setiap siswa akan mendapatkan catatan hasil studi baik ujian akhir maupun ujian setiap semester. Dengan adanya map ini, resume nilai hasil pembelajaran setiap siswa pun dapat disimpan dengan rapi dan lengkap.


Desain map ijazah dan rapor setiap institusi pendidikan pun boleh jadi beragam. Dari ukurannya saja, umumnya beberapa institusi menggunakan ukuran F4 sementara yang lain menggunakan A4. Pun dengan warna map—ada yang memilih hijau lumut, merah hati, biru laut, dan lain-lain. Tak lupa, desain sampul mulai dari font hingga penataan logo dan tulisannya juga tidak selalu sama antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya.

Manfaat Map Ijazah


Map ijazah bukan hanya sekadar sampul yang memuat identitas sekolah dan nama siswa. Keberadaan map ini pun tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh siswa, tetapi juga oleh guru.

Menjaga kelengkapan dokumen

Sistem kurikulum pendidikan di Indonesia yang beberapa kali mengalami perubahan juga memengaruhi bentuk rapor yang harus dikeluarkan oleh institusi pendidikan. Kini, menggunakan kurikulum K-13, rapor yang digunakan bukan lagi berupa buku yang diisi secara manual oleh guru, melainkan menggunakan lembaran kertas.

Setiap hasil studi siswa akan direkap dalam file sebelum akhirnya dicetak dalam bentuk selembar kertas A4 atau F4 (sesuai kebijakan masing-masing). Lembaran-lembaran inilah yang kemudian dibagikan kepada siswa. Bisa dibayangkan bukan, bagaimana berisikonya hanya menyerahkan satu lembar tanpa  disimpan dalam map folder khusus?

Menjaga dokumen tetap rapi dan bersih


Bila dokumen tidak disimpan dalam wadah tertentu, ada banyak risiko lain yang mungkin timbul selain hilang. Jika tidak diletakkan dengan sangat hati-hati, besar kemungkinan dokumen akan kusut lantaran bergesekan dengan barang-barang lain, terkena noda makanan, minuman, atau cipratan tertentu, sobek, dan masih banyak lainnya.

Bagian sampulnya Tebal sehingga memiliki ketahanan terhadap lecek. Di bagian dalamnya juga terdapat ruang penyimpanan dokumen dari plastik. Masing-masing dokumen dapat dipisahkan dan tetap terjaga secara maksimal.


Sementara itu, map ijazah dapat memberikan perlindungan terhadap dokumen. Bagian sampulnya sendiri cukup tebal sehingga memiliki ketahanan terhadap mudah lecek karena berubah bentuk. Di bagian dalamnya juga terdapat ruang penyimpanan dokumen yang dilapisi oleh plastik. Masing-masing dokumen dapat dipisahkan dan tetap terjaga secara maksimal.

Mempermudah pencarian dan penyimpanan

Bentuk map ijazah memang relatif besar (sesuai kebutuhan), tetapi modelnya yang cukup mencolok mata justru memudahkannya saat dicari. Anda tidak harus lagi bingung mencari-cari lembaran dokumen penting yang mungkin berceceran bila tidak disatukan dalam map khusus.

Dokumen juga menjadi lebih mudah disimpan dan tidak memerlukan satu space khusus lainnya. Bahkan bila map ijazah ini diletakkan bersama dengan barang-barang atau folder lainnya pun, Anda tetap akan lebih mudah dalam mencarinya saat dibutuhkan.

Tips Memilih Agen Produksi Map Ijazah

Sekarang ini, menemukan agen yang menawarkan produksi map ijazah tidaklah susah. Tidak hanya di kota-kota besar, kini agen percetakan map ijazah pun juga mudah ditemui di kota-kota kecil. 
Walau begitu, Anda tetap harus memilih dengan cermat agen mana yang semestinya menjadi mitra. Pertimbangannya pun tidak sebatas harga, tetapi juga jaminan kualitas yang dihasilkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih agen produksi map ijazah terbaik.

Harga yang relevan

Harga yang murah seharusnya bukan lagi jadi patokan utama yang ada dalam pertimbangan Anda, melainkan harga yang relevan. Maksudnya, harga yang diberikan adalah harga yang sesuai dengan kualitas barang yang dihasilkan. Untuk hal ini, Anda bisa mempertimbangkan antara harga yang diberikan oleh sebuah agen dengan agen yang lainnya selama kualitas yang diberikan keduanya sama (apple to apple).

Selain itu, jangan lupa pula untuk memerhatikan lokasi pengiriman. Pertimbangkan pula biaya pengiriman yang diberikan.

Bahan yang digunakan


Ada beberapa pilihan bahan yang biasa digunakan untuk membuat map ijazah, antara lain bahan ASE, kulit imitasi, semi kulit, dan HSE (untuk bagian sampulnya). Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, sehingga sesuaikan saja dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Nah, demikianlah informasi mengenai map ijazah. Bila Anda sedang mencari agen produksi map ijazah yang andal, berkualitas, dan terpercaya, Rejeki Cetak solusinya. Kami telah berpengalaman dalam jasa pembuatan map ijazah dan sampul rapor dengan dukungan tim profesional dan alat-alat produksi terbaik.