Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu huruf Timbul atau Letter Timbul? huruf nya bisa menyala tidak? pesan huruf timbul di jember bisa?

Apa sih yang di maksud leter timbul atau huruf timbul, apakah huruf timbul yang bisa menyala ya? huruf timbul, leter box, atau leter timbul merupakan sebutan sama untuk sebuah bentuk huruf yang dibuat utuh atau berdimensi, huruf timbul yang menyala bisa di pesan di rejeki cetak jember, dan untuk kali ini rejeki cetak akan menjelaskan apa itu huruf timbul lebih terperinci...




Pernah melihat tulisan ikonik HOLLYWOOD yang dipasang di area perbukitan di salah satu negara bagian Amerika Serikat? Atau tulisan-tulisan timbul lainnya yang kerap kita temui di bagian depan hotel, di bagian belakang meja respsionis, dan sejenisnya? Pernahkah Anda bertanya-tanya apa istilah yang tepat untuk menyebutkan susunan huruf tersebut?


Dalam percetakan, istilah tersebut dikenal dengan nama letter timbul. Media ini merupakan media pemasaran yang tak kalah menarik seperti neon box, pylon sign, dan sebagainya. Seperti namanya, letter timbul (biasa juga disebut huruf timbul) merupakan huruf-huruf yang dibuat dalam bentuk tiga dimensi dan disusun hingga membentuk rangkaian kata tertentu.

Letter Timbul untuk Bisnis

Awalnya, hanya perusahaan dan bisnis kelas atas yang menggunakan letter timbul sebagai upaya promosi sekaligus pencitraan yang lebih maksimal kepada klien dan masyarakat. Anda sering melihatnya pada hotel-hotel berbintang, gedung perkantoran mewah, dan tempat-tempat bisnis kelas atas. Namun, kini bisnis kelas menengah pun sudah cukup banyak pula yang menggunakan media ini sebagai sarana branding yang lebih atraktif.

Untuk pemasangannya sendiri, letter timbul tidak selalu berada di bagian luar bangunan alias outdoor. Huruf timbul juga bisa diletakkan di dalam ruangan, seperti pada bagian lobi, resepsionis, dan tempat-tempat umum lainnya yang kerap menjadi akses banyak orang.

Material Letter Timbul

Ada cukup banyak pilihan bahan yang dapat digunakan untuk membuat letter timbul. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa material huruf timbul yang paling banyak dan lazim digunakan.



Akrilik

Akrilik merupakan bahan seperti fiber yang terbuat dari perpaduan polimer dan plastik. Sifat utama bahan ini adalah transparan seperti kaca, tetapi Anda dapat menemukan akrilik berwarna putih susu, hitam, atau yang lainnya.

Akriliki dengan warna tentu lebih mahal dibandingkan akrilik bening atau putih susu. Namun selain itu, harga untuk letter timbul dari bahan ini juga dipengaruhi oleh ketebalan yang diinginkan. Anda pun dapat memilih apakah huruf timbul akrilik yang akan digunakan adalah huruf timbul yang solid atau kopong.

Galvanis

Galvanis merupakan jenis logam yang terbuat dari campuran seng dan besi sehingga memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan seng biasa serta bahan yang agak kaku.

Plat ini pun memiliki daya tahan karat yang cukup baik.
Warna letter timbul yang dihasilkan dari plat galvanil pun cenderung lebih gelap dan tidak mengilap. Meski begitu, Anda tetap bisa mengecatnya dengan warna-warna yang menarik sesuai desain.

Stainless Steel

Warna perak yang dihasilkan dari bahan stainless steel menampilkan kesan yang kukuh sekaligus cukup futuristik. Anda bisa memilih jenis huruf dari bahan ini untuk dibuat dengan kesan doff atau justru mengilat.

Bahan stainless sendiri memiliki beberapa variasi, yakni stainless biasa, stainless mirror, dan stainless hairline. Di antara ketiganya, jenis mirror merupakan jenis plat yang paling mahal dan memberi kesan mengilat seperti kaca (bahan ini juga banyak digunakan untuk peralatan masak berkualitas). Sementara itu, jenis hairline biasanya masih akan menimbulkan haris-garis tipis satu arah pada permukaan plat.

Kuningan

Bahan kuningan disebut-sebut sebagai bahan yang paling baik dalam pembuatan letter timbul. Maka dari itu, tidak heran jika harga yang ditawarkan untuk setiap hurufnya lebih mahal dibandingkan huruf timbul dari bahan yang lainnya.

Plat kuningan ini memberikan kesan yang sangat eksklusif sekaligus elegan dengan warna keemasannya. Namun, bahan kuningan sendiri cukup rentan akan proses oksidasi yang justru membuatnya berwarna hitam. Maka dari itu, untuk menjaga warnanya awet, plat peru diberikan coating khusus.

Dari empat jenis bahan ini, Anda bisa memilih letter timbul terbaik sesuai kebutuhan. Di samping kualitas bahan dasar, harga juga akan dipengaruhi oleh ketebalan yang diinginkan. Semakin tebal plat yang diharapkan, semakin tinggi pula harga yang harus dikeluarkan.

Untuk pewarnaannya sendiri, bahan akrilik dan galvanil umumnya dapat dilakukan menggunakan sticker, spray cat glossy, atau doff. Sementara itu, khusus untuk bahan stainless steel dan kuningan tidak perlu dilakukan pewarnaan lagi, tetapi cukup dengan finishing dengan poles dan coating.


Nah, demikianlah informasi mengenai letter timbul.
Semoga bermanfaat!


PERCETAKAN REJEKI CETAK JEMBER
Pengerajin Neon Box dan Huruf Timbul di Jember
Jl. Branjangan No 36, Slawur Lor - Jember
Tlp. : 0331 411 319
WhatsApp  : 085 235 3000 88
IG : @rejekicetak
Website : www.rejekicetak.co.id
Email : rejekicetak@gmail.com