Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa yang Anda Ketahui Tentang Katun Combed

Katun combed adalah sejenis bahan kain yang begitu banyak orang menyukainya. Bahan kain ini menjadi favorit banyak konsumen di dunia industri konveksi, terutama pembuatan kaos. Hal ini dikarenakan bahan katun sangat lembut dan halus. Bahan kaos ini dapat dibilang human friendly makanya banyak yang suka memakainya.

 Kaos katun menjadi juara unggulan karena sampai saat ini belum ada bahan kaos lain yang bisa menandingi kualitas katun combed di sektor pakaian pada segmen industri menengah ke atas. Hal ini dikarenakan bahan combed memiliki proses pembuatan yang sangat khusus dan membutuhkan waktu yang sangat panjang.

Katun combed diproses dengan cara yang sangat khusus Pada saat dibuat, katun combed secara khusus akan diproses sebelum diputar pada mesin pemintalnya. Salah satunya adalah proses carding yang paling terkenal. Pada proses ini terjadi penyisihan kain yang diambil dari benang-benang yang kasar. Barulah mengikuti proses lanjutannya.

Selanjutnya, setelah dipilah atau diseleksi kain katun akan diproses lagi dengan combing yakni menyeleksi dari sisa bulu-bulu. Dari sinilah kain katun disebut dengan combed sebab, bahan lain telah melewati proses pada tahap combing.

Bahan kaos dari katun combed paling cocok untuk semua negara yang memiliki segala musim terutama jika digunakan pada daerah yang beriklim tropis misalnya seperti di Indonesia. Bakal kaos ini memiliki sifat yang menyerap cairan keringat lebih baik, sehingga banyak dipilih di berbagai negara. Selain itu, bahan katun bisa dibuat aneka jenis pakaian.

Jenis pakaian secara umum memiliki banyak jenis bedasarkan modelnya dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pakaian tersebut. Karena sifatnya lebih halus serta kuat, maka bahan ini dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan dasar dari kaos sehari-hari, piyama, kaos olah raga, dan bahan-bahan lain yang bersentuhan langsung pada kulit.

Bahan katun combed bisa digunakan untuk bahan lain yang selalu menyentuh kulit secara langsung misalnya sprei, kaos kaki, manset, celana dalam, ciput untuk hijab, kaos tangan dan lain-lain.



Aneka jenis katun combed


Bahan katun sendiri memiliki ketebalan dan rajutan yang sangat bervariasi. Ini sengaja dilakukan atas permintaan selera pasar yang begitu beragam. Cara membedakan ketebalannya juga sangat gampang yakni, dengan menggunakan simbol yang telah lazim digunakan di pasaran yang terdiri dari 3 jenis yakni combed 30s, 24s, dan 20s.

Jika semakin kecil ketebalan angkanya maka, semakin tebal pula bahan beserta rajutan kain katun. Katun Combed 20s adalah bahan paling populer untuk semua bahan kaos. Sedangkan, untuk bahan Combed 24s paling banyak dicari dikarenakan ketebalannya sehingga banyak digunakan pada industri clothing line.

Terakhir, untuk katun combed simbol 30s bahan ini menjadi favorit kalangan anak muda. Selain karena tipisnya, simbol bahan kaos 30s ini juga tidak panas makanya, banyak menjadi andalan pada bisnis distro dan clothing line di Indonesia.

ingin tahu tentang katun kombed mulai dari pengertian, proses pembuatannya hingga pemilahannya menjadi berbagai simbol. Anda dapat membacanya lebih lanjut pada artikel di bawah ini.