Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Ketahui Apa bedanya brosur, flyer dan leaflet?

Apa bedanya brosur, flyer dan leaflet?

Kamu lagi butuh buat mempromosikan acara atau pun produk yang kamu buat? Nah, kami akan kasih tau kamu apa sih fungsi dari brosur, flyer atau leaflet, supaya kamu bisa cepat-cepat memutuskan media cetak apa yang paling cocok untuk promosiin acara/produk kamu! Yuk, disimak!


1. Brosur


Udah sering dong liat brosur? Biasanya ini nih yang langsung kepikiran sama kita kalo kita pengen pake media cetak sebagai promosi. Langsung bilang aja “bikin brosur aja..” atau tiap ngeliat ada media cetak promosi pasti disebutnya brosur. Namun ketahuilah sahabat kreatif, bahwa tidak semua kertas-kertas promosi itu adalah brosur. Memang brosur adalah media cetak yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis atau pengusaha untuk promosi produk yang efektif. Efektif karena MURAH dan biasanya berisi pesan-pesan hiperbola supaya konsumen mau langsung beli! Misalnya, “APARTEMEN TENGAH KOTA DENGAN CICILAN 100RIBU PERAK PER BULAN!!”. Tuh, langsung mau beli kan pasti? Intinya fungsi brosur ini adalah memperkenalkan produk kamu dengan baik tapi pake bumbu-bumbu hiperbola gitu. Eits, jangan lupa juga masukin detail dan keunggulan produk kamu di brosur ya!

2. Flyer


Nah, sesuai namanya, biasanya flyer sih gak gede-gede banget dan suka fly fly in the air alias terbang-terbang di udara. Flyer ini biasanya lebih ke penyebaran informasi. Jadi, jangan masukkin detail produk apalagi artikel panjang-panjang di flyer! Gak bakal dibaca, bro! Make sure konten flyer itu yang bisa dibaca pas si kertasnya lagi melayang-layang. Makanya, flyer ini isinya adalah buat ngasih tau tentang program khusus yang berlangsung temporary aja. Misalnya cuci gudang, promo buy 1 get 1 saat opening store. Eeehh, isi flyer ini gak perlu hiperbola, yang penting adalah JELAS! Informasi yang mau ditunjukkin harus jelas! Jangan gak jelas kayak hubungan kamu dan dia :”

3. Leaflet


Leaflet fungsinya hampir sama kayak brosur atau flyer, cuma kalo leaflet, anti jilid jilid club. Jadi cuma 1 kertas yang dilipet-lipet gitu. Biasanya leaflet ini digunakan buat pemasaran produk atau pun penyebaran informasi (paling sering sih, informasi politik). Kenapa informasi politik lebih sering pake leaflet, karena informasi politik itu tok buat informasi aja, jadi harus ada detail namun juga harus praktis biar orang gak males bawa-bawa, apalagi dibaca. Gak bakal kamu simpen baik-baik dan kamu jaga baik-baik, juga kan, leaflet-leaflet kampanye presiden?

 

Intinya sih, media cetak promosi kayak gini, fungsinya buat mempengaruhi orang dan penyebaran informasi. Nah, sekarang kamu udah cukup tercerahkan, kan, tentang perbedaan fungsi brosur, flyer dan leaflet? Udah tau dong, media cetak promosi apa yang cocok buat kamu sekarang? Kalo udah, pengen dong bikin media cetak promosi yang keren dan professional? Gak usah ragu, langsung aja pesan sekarang di web kami rejekicetak.co.id atau di nomor 0331-411319 sekarang juga!