Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apa fungsi, Kegunaan Sampul Raport ?

Penting! Ketahui Fungsi Sampul untuk Rapor


Keberadaan sampul untuk rapor menjadi satu hal yang sangat penting untuk pihak sekolah. Hal seperti ini pun menjadi satu bagian tak terpisahkan, terutama jika sudah mendekati saat pembagian rapor. Bahkan di awal tahun ajaran sampul rapor ini pun sudah disediakan. Selain untuk pihak sekolah, ternyata sampul rapor juga penting untuk kalangan wali murid dan murid. Hal ini akan menjadi salah satu bagian penting yang akan diperhatikan saat pertama kali menerima rapor.


Fungsi utama dari Sampul Raport


Seiring dengan berjalannya waktu, sampul untuk rapor yang disediakan oleh pihak sekolah bisa mengalami perubahan. Pada umumnya perubahan ini meliputi warna dan desain. Memang secara umum tampilan sampul rapor ini sama saja. Akan tetapi, beberapa bagian pasti menjadi titik beda, termasuk juga dengan warna untuk tiap jenjang pendidikan. Pada masa kini, masih ada sejumlah sekolah yang menggunakan sampul untuk rapor. Ada pun benda ini memiliki sejumlah fungsi penting yang perlu Anda tahu.

Beberapa fungsi sampul untuk rapor itu sendiri antara lain seperti berikut ini.


  • Penunjuk identitas sekolah
  • Pada umumnya, sampul sekolah menyertakan beberapa hal penting yang bisa dibaca oleh orang secara umum. Salah satunya seperti nama sekolah. Identitas sekolah di sana ditampakkan. Misalnya saja logo, nama sekolah, alamat dan nomor telepon, bahkan juga alamat e-mail.
  • Penunjuk identitas siswa
  • Selain sekolah, siswa juga bisa mengetahui identitas singkat dirinya pada sampul rapor. Hal yang sama juga dialami wali murid dan guru. Pada saat membagi dan menerima rapor, biasanya nama siswa yang menjadi identitas menjadi satu hal penting yang dibaca.
  • Pelindung halaman dan memberi kesan rapi
  • Sampul memiliki fungsi sebagai pelindung halaman depan dan belakang buku. Hal yang sama berfungsi juga untuk rapor. Halaman depan dan belakang akan terlindungi dari cairan atau debu serta memberi kesan rapi.

Seberapa penting sampul untuk rapor itu?


Kita bisa menemukan sampul untuk rapor dengan mudah. Pada masa kini, memang tak semua sekolah menerapkan hal yang sama, sebab ada beberapa yang mencetak rapor siswa per halaman. Akan tetapi, wadah untuk menyatukan beberapa lembaran tersebut juga masih tetap bisa membutuhkan sampul, sehingga akan terkesan rapi dan seragam.

Sebenarnya, sampul untuk rapor ini sendiri sifatnya relatif. Ada yang menyebut penting, ada pula yang sebaliknya. Akan tetapi, jika ada sampul rapor, maka laporan tersebut akan tampak lebih rapi dan seragam. Dengan begitu, siapa pun yang melihatnya pun akan merasa lebih senang karena kesan tersebut.

Beberapa bahasan tentang sampul untuk rapor seperti yang ada di atas sudah Anda tahu. Dengan begitu, Anda pun telah mendapat beberapa informasi penting terkait hal tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan jika bingung akan menggunakan sampul rapor atau tidak.