Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik keahlian disain pas pasan bisa membuka usaha jasa pembuatan nota

Nota merupakan kebutuhan vital bagi berbagai kalangan usaha, mulai dari toko grosir, kounter hape, jasa servis dan berbagai bidang usaha pasti membutuhkan Nota. dan atas dasar itulah bisa kita yang memiliki keahlian disain yang meskipun pas pasan atau baru belajar bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha jasa pebuatan nota. kenapa saya bilang meskipun pemula maupun pas pasan disainnya, karna disain nota itu sangatlah sederhana dan tidak membutuhkan disain yang rumit dalam membuatnya.




lalu bagaimana cara kita memulai usaha jasa pembuatan nota ini?



hanya perlu menyiapkan laptop, kertas Nota, plat cetak, mesin toko. apa itu kok ada mesin toko? apa maksudnya? pasti bingung ya?, tenang... tenang...

yuk kita bahas satu persatu.


1. Laptop/Komputer

tentunya ini kita butuhkan untuk proses pebuatan disain, dan disain yang sudah kita buat wajib ukurannya asli sesuai yang kita butuhkan ketika kita cetak. dulu waktu saya gak punya laptop dan komputer, saya sering ke warnet ketika ada orderan, jadi saya disain di warnet cuma butuh 1jam paling lama file siap dalam bentuk PDF saya simpan di flasdisk, udah beres tinggal berankat ke tahap berikutnya.


2. Kertas Nota

kertas nota paling laris namanya Kertas NCR, mengenai kertas NCR ini nanti kita bahas lebih ditailnya. di kota saya kertas NCR Top itu harganya 30.000 dan Bottom itu harganya 32.000.

beli masing masing 1 rim (misal ordernya cuma 1rim)



3. Plat Cetak

di kota saya plat cetak ukuran mesin toko ini ada tempatnya sendiri untuk mencetaknya. anggap namanya "Percetakan Plat" di tempat ini saya bawa file PDF yang sudah saya tinggal saya kasihkan untuk di cetak plat toko. ingat kita harus bilang cetak plat utuk mesin toko.



4. Mesin TOKO

mesin jenis ini adalah mesin yang paling banyak di miliki semua percetakan dan di kota saya untuk per rimnya ongkosan 7000 - 10.000 rupiah. nah apa itu mesin toko?, mesin toko adalah mesin yang bisa mencetak dengan ukuran folio (f4). mesin ini merupakan mesin duplikasi yang sangat murah sekali di bandingkan mesin fotokopi.



nah dari 4 rangkaian tersebut bisa kita fahami prosesnya ya. langkah terahirnya cukup kita belajar caranya ngebendel hasil cetakan tadi menjadi sebuah buku, manfaatkan lem kayu penggaris dan cutter.


maaf kalo penjelasannya agak beribet ya, kalo ada yang masih bingung bisa komen di bawah ya.


Rejeki Cetak
Alamat : Jl. Branjangan no 36, Slawu Lor - Jember
Telp. : 0331 411319
WA : 085235300088
e-mail : rejekicetak@gmail.com