Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaatkan Microsoft Excel untuk Penomeran Nota NCR

Tutorial numerator Nota Menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel sebagai data basenya, banyak teman teman yang bingung bagaimana cara memberi nomer urut pada nota? ndak perlu bingung!

di sini kita akan belajar bagaimana memanfaatkan Ms. Word untuk penomeran urut pada nota, dengan memanfaatkan Ms. Excel sebagai database nya. cara ini biasa di sebut dengan teknik mailing list, dan cara ini sangat banyak manfaatnya, bisa di buat untuk penamaan sertifikat, penamaan undangan, dan lain lain.

Bagaimana cara penomeran Nota? Berikut langkah langkahnya:

1. Pertama kita buat database nomer urut yang akan kita panggil untuk kita cetak  menggunakan Ms, Excel



File New Blank Workbook, di lembar baru ini buat dua kolom (disini saya asumsikan kasusnya membuat nomer nota pada NCR dengan ukuran nota 1/2 folio)

kolom pertama kita kasih kode No. A dan kolom ke dua No.B

di kolon A kita buat nomer urut 00001 sampai 00500

di kolom B kita lanjutkan nomer 00501 sampai 01000

simpan file dengan cara klik File - Save As - Beri nama data base nota (atau terserah mau dikasih nama apa saja)

2. Lankah kedua kita buat layout print notanya, biasanya saya lakukan dengan merubah backgroun Ms. word dengan gambar disain nota yang saya sudah export dari corel dengan format JPG.



cara nya saya cukup bikin lembar kerja baru lalu import gambar Insert - Picture - Pilih File

lakukan klik kanan pada gambar lalu pilih Wrap Text - Behin Text - Sesuaikan Ukuran.

setelah backgroung sudah sesuai, kini tinggal menentukan letak Nomer yang akan kita cetak.

cara nya dengan memanfaatkan Text Box - Draw Text Box lalu letakkan pada posisi yang kita inginkan.

3. Langkah ketika memasukkan data base Excel Ke Ms. Word yang sudah kita layout.

caranya dengan klik Mailings - Select Recipients - Use an Existing List - pilih file.

Ok di sini data base sudah masuk, meskipun tidak terlihat. cara memanggilnya atau menyeluarkannya bagaimana?

langsung saja klik Mailing - Inset Merge Field - lalu pilih No_A untuk kolon pertama dan pilih No_B untuk kolom kedua.

4. langkah keempat pengeprint-nan caranya cukup klik Mailing - Finish & Merge - pada menu Merge to Printer tentukan yang mau di cetak nomer berapa sampai berapa.



Done!

beress...

seperti itu caranya, semoga teman teamn terbantu dengan tutorial ini, dan jika masih bingung bisa cek di youtube kami, dan bisa tanyakan di kolom komentar, nanti pasti saya balas.  trimakasih